Piknik Blog Memori Cinta Anak Kos + Giveaway

single-happy

“Ran, emang rencana kamu ke depan tuh apa? Mau balik lagi jadi orang kantoran?”

“Nggak, Bu. Rania tuh mau bikin kos. Tapi, khusus untuk cewek jomblo. Rania pengin ajarin anak-anak gadis bertahan hidup di dunia keras. Pengin bikin Kos Jomblo biar Rania dan cewek-cewek kos nggak diganggu hidung belang.”

Terbentuk KOS JOMBLO yang dikomandani Rania, cewek yang sakit hati dengan cowok yang namanya Anto, si manja, pengangguran, dan nyebelin.

Kos Jomblo, murah meriah dan nyaman, tapi syaratnya harus jomblo. Peminat kos pun menumpuk hingga Rania harus melakukan audisi. Terpilihlah sepuluh cewek dengan fisik, karakter, profesi, dan latar belakang yang berbeda. Semuanya memiliki alasan berbeda kenapa memilih Kos Jomblo.

Dari sinilah dimulai petualangan cinta-cintaan ala anak Kos Jomblo. Mulai cinta segitiga antara Hanna, Vanessa, dan Athalla, kekasih gelap si Kidung, Roro yang pingsan di pernikahan mantannya, sampai Hanna yang di PHP-in. Belum lagi, Tahlia yang pacaran sama playboy, Gani si quiz hunter yang ternyata bisa jatuh cinta, Gillian si cewek SMA cantik yang digila-gilai para cowok abege, serta permasalahan cewek lainnya. Intinya, semua permasalahan cewek terkumpul jadi satu di Kos Jomblo. Dan mereka menamakan diri sebagai SING-PY = Single Happy.

“Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”.

~~~~~~

“Nggak, Bu. Rania tuh mau bikin kos. Tapi, khusus untuk cewek jomblo. …”

“What the ….? Jomblo? Kasihan pacar saya, dong! Saya mundur,”

“Asyik, asyik, saingannya berkurang!”

Langsung yang ada di pikiranku cuma 1, aku jomblo, cocok. upss hahaha #Ketawagaje. Skip.

Novel yang mengambil tema Anak Kos ini, akan membawa kita menelusuri kehidupan para anak kos di Kos Jomblo milik Rania. Baru pertama kali baca aja, udah penginnya baca terus. Nggak banyak yang aku ulas, soalnya udah diwakili oleh blurb diatas. Nanti takutnya nulisku keterusan dan malah spoiler.

Rania, wanita yang baru saja cerai dari Anton suaminya upps mantan suami, berniat untuk mendirikan sebuah kos. Tapi bukan kos biasa, Kos Khusus Jomblo.

Gara-gara cerai dari Anto, ia berpikir banyak. Dulu, ia mudah dibujuk rayuan cowok. Menikah dengan Anto yang hobinya nggak mau kalah, ogah kerja, dan suka hura-hura. Ya, ia masih usia dua puluh tahun saat itu. Lugu. Berpikir seperti Cinderella. Ada cowok ganteng dekat, ngajak kawin, iya aja.

Sebelumnya, terima kasih buat mbak Muthia dari penerbit Fantasious yang sudah percaya kepada blogku untuk turut serta dalam rangkaian Blogtour + Giveaway Single Happy – “Memori Cinta Anak Kos” 😀 ❤

Ini novel karya mbak Dedew pertama yang aku baca, sebelumnya aku ikut beberapa kali blogtour + giveaway Sing-py, dari itu aku baca reviewnya. Kesan aku pertama, menarik sih buat novel selevel Sing-py *padahal baru pertama kali baca*. Genrenya yang komedi-romance pas banget buat yang lagi butuh bacaan yang bisa bikin kemekelan. Disamping itu yang paling menarik adalah penghuni kos jomblonya, aku nggak bisa bayangin kalau aku ada di sekitar orang seperti mereka. Apalagi kalau punya ibu kos seperti Rania. Mau daftar jadi anak kos aja, ada seleksinya.

Tapi aku suka dengan konsep kos jomblo milik Rania. Peraturannya juga beda dari kos-kos biasanya *ya iyalah*. Jadi buat kalian yang rumahnya ada kamar-kamar kosong coba deh buka kos-kosan seperti Rania *abaikan*, bisa aja ada yang mau nempatin hehehe. Omong-omong soal Rania, aku suka sikap dia yang mau melakukan apapun demi mewujudkan Kos Jomblo impiannnya. Jadi ingat cerita teman tentang ibu kos di tempatnya, katanya sih galak :”D

Ini gambaran si ibu kos jomblo, Rania.

bu
Dari tampilannnya aja wuih…ibu kos ternyata…

“Kosku antimainstream, Nggit. Kalau di kos lain menyediakan ruang tamu buat pacaran. Kosku akan kuajari etika menjaga diri dan bela diri dari serangan cowok iseng.” Hal. 10

“Dan yang utama, kalian harus jomblo. Begitu kalian menikah atau punya pacar, kalian harus out! Kita punya waiting list di sini, banyak yang minat tinggal di sini!” Hal. 20

Oh, ya. Aku jadi inget sama teman-teman kuliah yang nge-kos. Mulai ada yang pindah ke kosan lain dengan alasan cari yang lebih murah, nggak tahan ma ibu kosnya. Ada juga yang masih bertahan di kosan lama. Karena aku nggak nge-kos, jadi aku nggak bisa cerita rasanya jadi anak kos. Buat yang nge-kos karena kuliah, kerja atau apalah ya semoga aja betah. Asal….

“Jangan terlalu betah banget. Nanti keterusan jomblo, mau?” Hal. 27

Sebagai penutup, terima kasih buat mbak Muthia dari penerbit. Semoga bisa bekerja sama kembali. Dan untuk mbak Dedew, aku suka bukumu mbak. Semoga lain waktu bisa membaca karya-karyamu.

~~~~~<3~~~~~

( ^_^)// *Giveaway Time* \\(^_^ )

Mau Novel Sing-py?

Caranya gampang, syaratnya :

  1. Peserta berdomisili di wilayah Indonesia
  2. Follow akun twitter @Nadia48nafla, @dewirieka dan @Loveableous Jangan lupa share dengan hastag #GASingpy dan mention 3 akun diatas via twitter
  3. Follow blog ini, bisa via e-mail atau via wordpress.
  4. Jawab pertanyaan di kolom komentar disertai dengan nama, akun twitter, alamat e-mail dan link share. Yang jomblo maupun nggak jomblo ( ‘ 3 ‘) boleh ikutan kok.

Kalau kamu jadi anak kos, ibu kos seperti apa yang kamu inginkan? seperti Raniakah?

jadi anak kos jomblo, misalnya >///<

5. Pemenang ditentukan dari jawaban dan syarat. Siapa yang jawabannya paling menarik dan memenuhi syarat, dialah pemenangnya. Jadi, penuhi syaratnya dan beri jawaban menarik kalian. Ok

#GASingpy ini berlangsung : 21-22 September 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 23 September 2015. Akan ada satu pemenang yang mendapatkan buku Single Happy. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penerbitnya…

Seperti biasa, ada rangkaian blogtour yang masih bisa kamu ikuti. Selain di blogku, ada juga Giveaway Sing-py di blog mbak Atria disini.

Sing-py Blogtour Square (Periode 3)
Klik gambar untuk lebih besar

Note: Ini event blogtour + giveaway pertama bagiku, jadi kalau ada kurang dan salah mohon dimaklumi ya. Semoga beruntung ^_^9

6 Comments Add yours

  1. Aulia berkata:

    nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    e-mail: auliyati.online@gmail.com
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/645799522023542784

    Jawaban:
    Wah kebetulan banget niy! Karena aku emang masih jomblo, ibu kos seperti Rania emang paling pas! Udah kosnya murah meriah dan nyaman, trus bakalan diajarin gimana cara anak-anak gadis bertahan hidup di dunia keras, dan nggak diganggu hidung belang sama Rania pula! Udah ngebayangin gimana asiknya deh! Kumpul bareng-bareng sama orang-orang yg punya status sama dan dapet ilmu juga hehe 😉

    Suka

  2. Safitri Ariyanti berkata:

    Nama: Safitri Ariyanti
    Twitter: @safitriariyanti
    Email: safitriariyanti@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/safitriariyanti/status/645867369865199616

    Jawaban: Ibu kos yang aku inginkan kayak Rania ya. Karena aku suka dengan karakter Rania yang tegas dan bertanggung jawab dengan anak-anak kosnya. Apalagi dia punya pandangan bahwa nggak apa-apa single yang penting bahagia. Ah, itu aku banget. 😀 Aku gak ngekos, tapi sering ke kosan teman. Beberapa ada yang sangat bebas, gak dijaga ibu kos/bapak kos/mbak kos dll. Hasilnya ya anak laki-laki bisa keluar masuk kamar kos anak perempuan yang notabene adalah pacar mereka. Nah, itukan menggelikan. Generasi yang rentan jatuh dalam pergaulan bebas. Oke skip.
    Aku sih ngerasa lebih bahagia dan gak punya tekanan dengan menyandang status jomblo kayak sekarang ini. Lagipula, aku belum punya target buat punya pacar. Jadi, kalau aku punya ibu kos seperti Rania, aku rasa bakal betah dan lebih nyaman dengan lingkungan yang isinya anak-anak jomblo semua.

    Suka

  3. dellavitaa berkata:

    Nama = Dellavita Yustika
    Twitter = @dellavitaa_
    Email = DellaVitta13@gmail.com
    Link Share =

    Karena saya jomblo Ibu Kos seperti Rania memang cocok, selain senasib kita juga bisa bertukar ilmu . Bukan ilmu mapel=D melainkan ilmu kejombloan. Kita bisa curhat abis abis san sesama jomblo tanpa merasa beban*yajelassesamajomblo:)) kita bisa curhat tentang laki laki yang suka banget ngasih kita harapan, peduli eh ujung nya ngejatuhin kita # thxyaituenakbanget!! Gak cuman dapet ilmu tentang jomblo dan bisa curhat sepuasnya sesama jomblo disitu saya merasa BERKAH karena biaya kos kost an yang sangat murah. Saya reladeh jomblo tapi kalau saya sekolahnya ngekost😀 lumayan kan? Sisa uang kost bisa buat beli paketan dan ikutan KUIS di twitter buwat ngedapetin novel #wkwkwkwk

    Wish me luck^^

    Suka

  4. Leny H berkata:

    Nama: Leny .H.
    Twitter: @Lenny66677291
    email: leny.hermi@yahoo.com
    link share: https://mobile.twitter.com/Lenny66677291/status/646250937380696064?p=v
    jawaban: kalau aku jd anak kos,aku ingin ibu kos ku itu yg seperti Rania. Karena kan Rania itu tipe ibu kos yg perhatian dan juga melindungi anak kosnya. Jarang kan ada ibu kos yang seperti Rania di jaman sekarang. Jd pasti aku betah banget tinggal disana.Lagian aku kan juga jomblo jadi bagiku tdk masalah klo aku ngekos di kos jomblo.

    Suka

  5. Aya Murning berkata:

    Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Link share:

    Jawaban:
    Mau ibu kos yang setiap hari rajin masak supaya ya siapa tahu aku bisa sesekali ikutan bantu masak, sekalian belajar masak gratisan, trus dapat jatah masakannya karena udah bantuin masak. Gratisan lagi deh. Hwahahaha. XD trus maunya juga ada ibu kos yang sering nongkrong di ruang tengah kalo malem-malem suka nonton bareng biar aku ada temennya, biar bisa cerita-cerita, share pengalaman. Jadi meski ibu kosnya galak dalam hal aturan kayak Rania, tapi dia punya sisi yang bisa open sama orang lain. Bikin orang jadi ngerasa deket, nyaman, betah. Apalagi banyak kasus orang pindah kos gara-gara nggak tahan sama pemilik kosnya.
    Tapi sifat lain yang aku mau juga kayak Rania. Dia nggak ragu untuk memberi peraturan yang banyak meski memang diimingi dengan harga miring. Tapi dengan begitu kan maksud dia memang baik, meski rada galak dan tight banget aturannya. Dia orangnya punya komitmen kuat, dan taat dengan perjanjian. Hehe. Sebenarnya kalau aku tinggal di sana pun aku nggak ngerasa rugi lah. 😀

    Suka

  6. thiamelia berkata:

    Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498
    e-mail: thiameliasn@gmail.com
    link: https://twitter.com/Thia1498/status/646325466995949568

    Kalau kamu jadi anak kos, ibu kos seperti apa yang kamu inginkan? seperti Raniakah?
    jadi anak kos jomblo, misalnya >///<
    mungkin aku bakalan ngikutin Rania yang tegas. Yang berfikir bahwa pengalaman pribadi yang buruk ga boleh terjadi sama orang lain. Kenapa? Karena mereka seharusnya bisa belajar dari masa lalu, baik masa lalu nya dan masa lalu orang, nah Raina ini berbaik hati memerikan terbaik kepada orang-orang terpilih itu agar tidak mengikuti jejaknya. Rania tegas dan disiplin, terbukti sama peraturan-peraturan kosnya yang super ketat, tapi walaupun begitu, dia masih mikirin anak kos nya dengan memberi bayaran kos yang murah, yang berarti dia itu baik hati. Tegas, disiplin, baik, kalau misalnya saya punya kos, Rania bakalan jadi contoh saya hehe 

    Suka

Satu komentarmu sangat berharga bagiku :D

