Rangkuman – Sesi #AskAuthor dan #Twitterchat Blogtour Berlabuh Di Lindoya

25988221Hai, jumpa lagi dengan aku. Hari ini aku mau nge-post tentang diri aku yang ikut Blogtour + giveaway Berlabuh Di Lindoya. Tapi, aku hanya ikut di beberapa blog yang mengadakan blogtour ini. Aku mau share beberapa pertanyaan yang aku ajukan di Blogtour Berlabuh Di Lindoya dalam sesi #AskAuthor dan #Twitterchat.

Sebelumnya aku mau share blurbnya dulu.

Tidak ada yang tahu luka batin yag disimpan Sam rapat-rapat. Hingga gadis itu memutuskan melarikan diri dari Indonesia dan memulai hidup baru dengan bekerja di perusahaan pengeboran minyak di ujung dunia, di Norwegia. Ketika harus pindah ke kantor pusat di Oslo, Sam menolak tinggal di apartemen dan menyewa rumah ta di Pulau LindØya.

Di LindØya, Sam bertemu dengan Rasmus Knudvigsson, tetangga barunya. Meskipun diawali rasa takut dan curiga, perlahan ketulusan pria tampan bermata biru itu dapat mencairkan kebekuan hati Sam.

Namun, ketika Sam merasa sudah siap membuka hatinya untuk Rasmus, salah satu anggota dewan yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Oslo menarik Sam kembali ke pusaran intrik masa lalu…

Penasaran dengan kisah Sam dan Rasmus. Segera beli di toko buku kesanyanganmu ya ^^.

Lanjut … pertanyaan dan jawaban di sesi #AskAuthor Berlabuh Di Lindoya disini.

1. Bagi tips-tipsnya dong Mbak Uti, bagaimana caranya menuangkan ide yang sudah ada dalam bentuk sebuah tulisan yang berakhir sebuah novel?

Yang pertama pasti tulis di notes / buku atau ketik di smartphone /laptop biar tidak hilang. Lalu mulai mengumpulkan semua ide yang bisa masuk sebagai buku. Bagi yang sempat mengintip Author Page saya di Facebook, saya pernah mengulasnya di link ini:

https://www.facebook.com/notes/kusumastuti/mengubah-libur-menjadi-novel/10153476144179083

Detail itu penting, jadi catat semua detail ide di kepala , jangan sampai hilang.

Jika mood menurun, karena capek, sakit, sibuk, dan alasan apa pun, biasanya ya kembalinya dengan baca lagi naskahnya, terusin lagi di tempat berhenti. Musik, musik, musik, bantu banget menjaga mood. Pilihan lagu yang salah bisa buyar moodnya.(Misalnya lagi nulis adegan happy, lagu yang didenger yang merintih-rintih.)

2. Jika di beri 2 pilihan, novel baru atau sekuel Berlabuh Di Lindoya. Mbak Uti pilih yang mana? Alasan?

Novel baru. Move on. Yang sudah biarlah berlalu.

3. Sebelum Berlabuh Di Lindoya terbit, Mbak Uti lebih sering membaca atau menulis? Ada waktu khususkah?

Saya banyak dua-duanya karena novel ini buku ke 16 saya. Kalau mau liat apa lagi karya saya ada di : http://utiauthor.weebly.com/

 4. Menurut Mbak Uti, tentang Dunia Buku di Indonesia sekarang bagaimana?

Karena saya tergabung dibanyak komunitas penulis, saya memilih untuk tidak menjawab di ruang publik. Kalau mau ngobrol via japri silakan.

Pertanyaan dan jawaban di sesi #Twitterchat

  1. Mbak @utiauthor caranya membuat klimaks cerita yang bikin pembaca itu terkaget-kaget ^^ gmn?

Dgn menjawab semua masalah dan pertanyaan yg ada sebelumnya

2. Ak ada bnyk ide cerita, caranya mengembangkan ide itu biar jd “wah” mnrt mbak @utiauthor gmn?

Asah dan poles detailnya

3. Mbak @utiauthor lbh suka happy ending / sad ending? alasan?

Happy, kasihan yg udah beli bukunya.susah hidupnya kalau bad ending

4. Mbak @utiauthor suka karakter cewek/cowok yg seperti apa?

Karena saya sendiri bukan tipe pasrah, jadi semua yang tidak pasrah

5. Tempat favorit mbak @utiauthor utk menulis dimana? knp plh tmpat itu?

Dimana2 tdk ada tempat khusus

6. Dulu wkt mbak @utiauthor nulis Belabuh Di Lindoeya pas lg musim apa mbak?

Musim durian, eh salah musim dingin

p1
Salah satu photoquoteku di sesi #Photoquote di blognya Mbak Rizky

Itu sedikit rangkuman dari sesi yang aku ikuti Blogtour Berlabuh Di Lindoya, walaupun pada akhirnya tidak bisa menang tapi cukup senang sudah ikut. Bagi kamu yang ingin bertanya-tanya dengan Mbak Uti ^^, silahkan bisa mention ke @utiauthor .

Cukup ini dulu yang aku share ke kalian. Terima kasih sudah mau membaca dan berkunjung di blog kecilku ^^. Jangan lupa tinggalkan jejak ya, aku sangat menghargainya.

Salam hangat, Nadia.

Satu komentarmu sangat berharga bagiku :D

